daherba

Ad

Kamis, 17 Januari 2013

14 Manfaat Rahasia Sang Pisang


Manfaat Buah Pisang


Seorang profesor psikologi di CCNY menjelaskan efek pisang pada otak.
Sebelum melanjutkan membacanya, ingat: Jangan pernah menaruh pisang di kulkas.
Setelah membaca ini, Anda tidak akan pernah lagi melihat pisang dengan pandangan yang sama seperti sebelumnya.
Pisang mengandung tiga gula alami – sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Sehingga sebuah pisang langsung bisa memberikan cukup energi.
Riset membuktikan dua buah pisang mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Tidak heran mengapa pisang menjadi buah andalah nomor satu bagi atlet terkemuka di dunia.
Menambah energi, bukan satu-satunya cara pisang membantu kita agar tetap fit.
Pisang juga membantu mencegah beberapa macam penyakit dan kondisi, sehingga sangat baik ditambahkan pada makanan harian kita.
Depresi:
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND, diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang. Pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, diketahui dapat membawa efek relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.
PMS:
Lupakan pil – makan pisang.  Vitamin B6 yg terkandung dalam pisang mengontrol tingkat glukosa darah, yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda.
Anemia:
Denagn kandungan zat besi tinggi, buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu kasus anemia.
Tekanan Darah Tinggi:
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium namun rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk mengalahkan tekanan darah tinggi.
US Food and Drug Administration bahkan telah mengijinkan perkebunan pisang melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
Meningkatkan Kemampuan otak:
200 siswa di Twickenham (Middlesex, Inggris) terbantu dalam ujian mereka karena makan pisang pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang sebagai pemacu kekuatan berpikir mereka. Penelitian telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi ini dapat membantu konsentrasi.
Sembelit:
Tingginya kadar fiber/serat dalam pisang dapat membantu menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan sembelit.
Mabuk:
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk adalah dengan milkshake pisang dicampur madu. Pisang menenangkan perut dan madu membantu meningkatkan kadar gula darah. Sedangkan susu  sampai habis, sementara susu memberikan efek menenangkan.
Sakit Jantung:
Pisang memiliki efek antasid pada tubuh, jadi jika anda menderita sakit pada jantung, cobalah makan pisang untuk meringankan rasa sakit.
Mual di pagi hari:
Makan psiang di antara jam makan, membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual di pagi hari.
Gigitan Nyamuk:
Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk, coba gosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pisang. Ini akan mengurangi iritasi.
Saraf:
Pisang mempunyai kandungan vitamin B tinggi yang dapat membantu menenangkan sistem saraf.
Kegemukan dan di tempat kerja?:
Studi pada Institut Psikologi di Austria menemukan bahwa tekanan pekerjaan menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dari penelitian terhadap  5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan bahwa kasus obesitas paling sering terjadi pada orang yang berada dalam tekanan kerja yang tinggi. Laporan menyimpulkan bahwa, untuk menghindari meningkatnya keinginan memakan makanan yang menenangkan, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan makanan ringan yg tinggi karbohidrat setiap dua jam agar tetap tenang.
Luka Pada Lambung:
Pisang bisa digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menimbulkan tekanan pada lambung dengan kasus yang parah. Pisang juga menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.
Kontrol Suhu:
Banyak budaya lain yang melihat pisang sebagai buah ‘dingin’ yang dapat menurunkan baik temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand, misalnya, ibu hamil akan makan pisang agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.
Seasonal Affective Disorder (SAD) (mood moodan):
Pisang dapat membantu penderita SAD kerena mengandung pendorong mood alami, tryptophan.
Merokok & Penggunaan Tembakau:
Buah pisang dapat membantu orang yg ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.
Stress:
Kalium adalah mineral penting yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, tingkat metabolisme kita meningkat, sehingga mengurangi kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan bantuan snack pisang tinggi kalium.
Stroke:
Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine, makan pisang sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sebanyak 40%!
Caplak/Kutil:
Bagi anda yang suka pada pengobatan alami, jika anda ingin mematikan caplak, ambil sepotong kulit pisang. Letakkan di kutil dengan sisi kuning (kulit) diluar. Tutup dengan plaster.
Jadi, pisang adalah obat alami untuk berbagai macam penyakit. Saat dibandingkan dengan buah APEL, pisang memiliki empat kali protein, dua kali karbohidrat, tiga kali fosfor, lima kali vitamin A dan zat besi, dan dua kali vitamin dan mineral lainnya. Pisang juga kaya kalium dan merupakan salah satu makanan terbaik.
Mungkin sudah waktunya untuk mengubah itu frase terkenal ‘a banana a day, keeps the doctor away!”

 http://pengobatanalami.org/manfaat-rahasia-sang-pisang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar